Tuesday, June 1, 2021

BELAJAR MENULIS DARI HARDJONO WS

Sutejo
Ponorogo Pos
 
Pada akhir 2007 lalu, ketika SMA Immersion menghadirkan dua sastrawan Jawa Timur: (a) Hardjono WS dan (b) HU Mardiluhung dalam rangka “bedah kreativitas kepenyairan” dan “kreativitas pembelajaran sastra” ada hal menarik dari apa yang dikemukakan oleh Hardjono WS. Apa? Saat itu, ketika di usai pemberian hadiah Lomba Menulis Cerpen Remaja 2007, dia mengungkapkan beberapa hal penting (a) ketekunannya atas profesi menulis, dan dia hidup dari menulis (b) menulis adalah ciri manusia kalau tidak menulis bukan manusia, (c) mengajarkan sastra (termasuk membacanya) adalah wilayah kebebasan yang tidak terikat oleh pagar benar atau salah, dan (d) pentingnya menanamkan membaca dan menulis pada anak-anak.
 
Hadir juga pada acara itu, Prof. Setyo Yuwono Sudikan, M.A., Kepala Dinas Pendidikan Ponorogo, Ketua Balai Bahasa Surabaya, Ketua STAIN Ponorogo, Suyatno pengarang buku pembelajaran sastra dari Surabaya. Sebuah ruang refleksi berkesusastraan dan berkepenulisan yang menarik direspon. Apa yang dapat dipetik?
 
Usai pemberian hadiah, Hardjono WS (sastrawan asal Mojokerto yang juga terampil musikalisasi itu) minta waktu untuk mengungkapkan sesuatu. Sambil tersendat, ia mengungkapkan begini, “Ciri manusia itu menulis. Karena itu, kalau ada manusia tidak menulis berarti bukan manusia. Terima kasih pada SMA Immersion yang telah menumbuhkan budaya menulis.” Ungkapnya, diselingi tepuk tangan hadirin.
 
Sebuah ungkapan dan pesan yang sarkastis. Tetapi jika kita jujur, bukankah menulis dan membaca adalah amanat Tuhan. Surat pertama yang diturunkan-Nya adalah surat tentang membaca dan menulis. Dengan kritik Hardjono ini memiliki akar filosofis yang kuat. Karena itu, jika kita ingin tetap dianggap sebagai manusia menarik untuk mencirikan diri sebagai makhluk yang menulis.
 
Masalahnya adalah mengapa manusia harus menulis? Jawabannya barangkali begini: (a) karena manusia adalah makhluk berpikir sehingga hasil pikirannya perlu dituangkan, (b) karena manusia adalah makhluk sosial sehingga dalam berkomunikasi dengan orang lain seringkali menggunakan sarana tulisan, (c) karena manusia adalah makhluk berbudaya sehingga untuk menumbuhkan kebudayaan akan efektif manakala lewat penulisan, (d) karena manusia adalah makhluk berilmu yang membutuhkan pengembangan lewat tulisan, dan (e) karena manusia akan mati sehingga agar tidak tidak ada cara lain kecuali ”menuliskan kebaikan dirinya” dalam tulisan, pikiran dan pengalamannya akan dapat dipelajari oleh orang lain.
 
Pelajaran kedua: pentingnya keberanian untuk memutuskan menulis sebagai gantungan hidup (profesi?) Apa yang dilakukan oleh Hardjono WS ini tampaknya memang melengkapi dengan apa yang dialami oleh “penulis murni” yang memperjuangkan hidupnya dari pena. Sebuah pilihan yang bukan tanpa risiko, karena kepenulisan hakikatnya sebagaimana diungkapkan Shoim Anwar, sebagai sebuah “gelombang laut”. Artinya, bisa pasang dan bisa pula surut.
 
Permasalahannya jika terjadi “pasang surut” bagaimana? Ia menjadi langgar tempat “pelarian”. “Kalau tidak ada job musikalisasi atau “tanggapan lain” ya di langgar, ungkapnya. Sebuah relijiusitas hidup yang meneb. Artinya, menulis memang butuh penekunan yang luar biasa. Sepenuh hati, sepanjang waktu. Mengapa generasi kita tidak suka menulis? Sebuah problem besar dunia pendidikan yang tidak begitu banyak guru peduli dan menyadari.
 
Di SMA Immersion itulah, kemudian Hardjono berpesan, pentingnya menanamkan kebiasaan membaca dan menulis. Menulis bisa apa saja karena itu merupakan pintu yang membuka segala bidang keilmuan. Bukan profesinya apapun jika didukung oleh kemampuan menulis ini akan memperlancar keberhasilannya. Ahli-ahli motivasi mutakhir juga melakukannya. Bahkan hipnosis salah satu alat terpentingnya adalah persoalan bahasa, dan karena itu, bisa jadi jika proses relaksasi tidak hanya memanfaatkan musik tetapi juga skenario imaji yang diungkapkan.
 
Pembelajaran pada anak, katanya, akan menjadi dasar pergulatan sebagaimana diusulkan Taufik Ismail. Masalahnya adalah bagaimana peran guru? Ibarat mengajar mengendarai mobil, maka seorang guru pun harus mampu mengendari mobil. Demikian pula dengan menulis, guru pun harus mampu menulis. Berapa persen kah guru yang mampu menulis? Belum banyak memang, tetapi jika budaya menulis ini dimulai dari sekarang bukan hal terlambat kiranya. Sebab jika perubahan satu persen setiap hari tekun dilakukan para guru bukankah dalam setahun 365 persen telah terjadi perubahan padanya. Artinya, kembali pada motivasi pribadi guru dalam menggembalakannya.
 
Dalam konteks “peristiwa sastra” di SMA Immersion ini, memang ada kekhawatiran orang tua wali yang sms kepada saya, agar tidak meninggalkan bidang-bidang yang lain. Hati kecil saya sebenarnya bicara, “Adakah pengembangan bidang ajar apapun di sekolah yang meninggalkan membaca dan menulis? Jawabannya tentu tidak ada. Dengan demikian pelajaran di sekolah apapun akan semakin cepat manakala memahami dua dunia ini.
 
Jika kita sepakat dengan apa yang “dibabtiskan” Hardjono WS, maka ke depan, dunia kepenulisan akan heboh. Minimal dimulai hari ini pada para siswa, ujungnya, adalah ranting dan batang mutiara yang akan berbuah emas di masanya. Tunggu apa lagi, jadikanlah Anda manusia dengan menulis. Ingat, kalau tidak menulis bukan manusia kata Hardjono WS. Selamat menempuh jalan kemanusiaan!
***

http://sastra-indonesia.com/2008/11/belajar-menulis-dari-hardjono-ws/

No comments:

Post a Comment

A Kholiq Arif A. Anzieb A. Muttaqin A. Rodhi Murtadho A. Syauqi Sumbawi A.P. Edi Atmaja A'yat Khalili Abdul Hadi WM Abdul Kadir Ibrahim Abdul Kirno Tanda Abdullah Harahap Acep Zamzam Noor Adi Toha Adrian Balu Afri Meldam Afrizal Malna Aguk Irawan MN Agus B. Harianto Agus Dermawan T. Agus Hernawan Agus R. Sarjono Agus R. Subagyo Agus Sri Danardana Agus Sulton Agus Sunyoto Agusri Junaidi Ahid Hidayat Ahmad Baedowi Ahmad Farid Yahya Ahmad Fatoni Ahmad Khadafi Ahmad Muchlish Amrin Ahmad Muhli Junaidi Ahmad Syubbanuddin Alwy Ahmad Tohari Ahmadun Yosi Herfanda Ajip Rosidi Akhmad Sekhu Alex R. Nainggolan Ali Audah Alunk Estohank Amien Kamil Amien Wangsitalaja Amir Hamzah Ana Mustamin Anam Rahus Andari Karina Anom Andi Achdian Andra Nur Oktaviani Anindita S Thayf Anton Kurnia Anton Kurniawan Apresiasi Sastra (APSAS) Aprinus Salam Arafat Nur Arie MP Tamba Arif Bagus Prasetyo Arif Hidayat Arman A.Z. Aryadi Mellas AS Laksana Asarpin Asep Sambodja Asrul Sani Astree Hawa Awalludin GD Mualif Aziz Abdul Ngashim Badaruddin Amir Balada Bambang Darto Bamby Cahyadi Bandung Mawardi Beni Setia Benny Arnas Berita Berita Duka Bernando J. Sujibto Binhad Nurrohmat Bobby Gunawan Budi Darma Bustan Basir Maras Cak Sariban Catatan Cerbung Cerpen Chairil Anwar Christine Hakim Cinta Laura Kiehl Daisy Priyanti Damhuri Muhammad Dandy Bayu Bramasta Dani Sukma Agus Setiawan Daniel Dhakidae Dea Anugrah Dedy Tri Riyadi Deni Jazuli Denny JA Denny Mizhar Dewi Rina Cahyani Dharmadi Dhenok Kristianti Dian Wahyu Kusuma Dick Hartoko Djajus Pete Djoko Pitono Djoko Saryono Donny Anggoro Dwi Fitria Dwi Klik Santosa Dwi Pranoto Eduard Tambunan Edy Firmansyah Eka Budianta Eka Fendri Putra Eka Kurniawan Eko Faizin Eko Nuryono Emha Ainun Nadjib Enda Menzies Endang Susanti Rustamadji Erwin Setia Esai Esha Tegar Putra Evi Idawati Evi Sukaesih F. Rahardi Fadhila Ramadhona Fadly Rahman Fahrudin Nasrulloh Fairuzul Mumtaz Faisal Fathur Faisal Kamandobat Fajar Alayubi Farid Gaban Fariz al-Nizar Fatah Anshori Fatah Yasin Noor Fathurrozak Faza Bina Al-Alim Feby Indirani Felix K. Nesi Fian Firatmaja Fina Sato Fitri Franz Kafka Goenawan Mohamad Gola Gong Grathia Pitaloka Gunawan Budi Susanto Gunoto Saparie Gus Martin Hairus Salim Hamdy Salad Happy Salma Hardi Hamzah Hardjono WS Hary B Kori’un Hasan Aspahani Hasif Amini HB Jassin Hendy Pratama Henry Nurcahyo Herman Syahara Hernadi Tanzil Heru Nugroho Holy Adib Hudan Hidayat Hudan Nur I Gusti Ngurah Made Agung Iberamsyah Barbary Ida Fitri IDG Windhu Sancaya Idrus Ignas Kleden Ilham Imam Muhayat Imam Nawawi Imamuddin SA Iman Budhi Santosa Imelda Bachtiar Imron Rosyid Imron Tohari Indonesia O’Galelano Indra Tjahyadi Indra Tranggono Indria Pamuhapsari Indrian Koto Inung AS Irwan Kelana Isbedy Stiawan ZS Iva Titin Shovia Iwan Nurdaya-Djafar Iwan Simatupang Jabbar Abdullah Jakob Oetama Jakob Sumardjo Jalaluddin Rakhmat Jaleswari Pramodhawardani James Joyce Jansen H. Sinamo Januardi Husin Jauhari Zailani JJ. Kusni John H. McGlynn Joko Budhiarto Joko Pinurbo Joni Ariadinata Juan Kromen Junaidi Khab Kahfie Nazaruddin Kamajaya Al. Katuuk Khansa Arifah Adila Kho Ping Hoo Khoirul Abidin Ki Supriyoko Kiagus Wahyudi Kitab Para Malaikat Knut Hamsun Koh Young Hun Kritik Sastra Kucing Oren Kunni Masrohanti Kurniawan Kuswinarto L.K. Ara Laksmi Shitaresmi Lan Fang Landung Rusyanto Simatupang Latief S. Nugraha Leo Tolstoy Lesbumi Yogyakarta Levi Silalahi Linda Sarmili Lukisan Lutfi Mardiansyah M Shoim Anwar M. Aan Mansyur M. Abdullah Badri M. Adnan Amal M. Faizi M.D. Atmaja Mahamuda Mahmud Jauhari Ali Mahwi Air Tawar Makmur Dimila Malkan Junaidi Maman S. Mahayana Mardi Luhung Marhalim Zaini Marianne Katoppo Mario F. Lawi Maroeli Simbolon Mashuri Max Arifin MB. Wijaksana Melani Budianta Mohammad Yamin Muhammad Ainun Nadjib Muhammad Muhibbuddin Muhammad Subarkah Muhammad Yasir Mulyadi SA Munawir Aziz Mustamin Almandary Mustiar AR Musyafak Timur Banua Myra Sidharta Nara Ahirullah Naskah Teater Nawal el Saadawi Niduparas Erlang Nikita Mirzani Nirwan Ahmad Arsuka Nizar Qabbani Nurel Javissyarqi Nurul Anam Nurur Rokhmah Bintari Oka Rusmini Onghokham Otto Sukatno CR Pakcik Ahmad Pameran Parakitri T. Simbolon Pattimura Pentigraf Peter Handke Petrik Matanasi Pramoedya Ananta Toer Prima Sulistya Priyo Suwarno Prosa Puisi Purwanto Pustaka Ilalang PUstaka puJAngga Putu Fajar Arcana Putu Wijaya R Sutandya Yudha Khaidar R. Ng. Ronggowarsito R. Timur Budi Raja Rachmad Djoko Pradopo Radhar Panca Dahana Raedu Basha Rahmat Sutandya Yudhanto Rakai Lukman Rakhmat Giryadi Rama Prabu Rama Prambudhi Dikimara Ramadhan KH Rambuana Ranang Aji SP Ratih Kumala Ratna Ajeng Tejomukti Raudal Tanjung Banua Raymond Samuel Reko Alum Remmy Novaris DM Remy Sylado Resensi Rey Baliate Ribut Wijoto Riduan Situmorang Rikard Diku Riki Dhamparan Putra Riri Satria Rizki Alfi Syahril Robert Adhi KS Roland Barthes Ronggowarsito Rony Agustinus Royyan Julian Rozi Kembara Rumah Kreatif Suku Seni Riau (RK – SSR) Rusdy Nurdiansyah Rusydi Zamzami S. Arimba S. Jai Sabrank Suparno Safar Nurhan Sajak Samsul Anam Santi T. Sapardi Djoko Damono Sari Novita Sarworo Sp Sasti Gotama Sastra Luar Pulau Satmoko Budi Santoso Saut Situmorang Sejarah Sekar Sari Indah Cahyani Selendang Sulaiman Seni Rupa Seno Gumira Ajidarma Seno Joko Suyono Setiyardi Sigit Susanto Sihar Ramses Simatupang Siti Sa’adah Sitok Srengenge Siwi Dwi Saputro Sobih Adnan Soegiharto Sofyan RH. Zaid Sonia Sosiawan Leak Sovian Lawendatu Sri Wintala Achmad Stephen Barber Subagio Sastrowardoyo Sugito Ha Es Sukron Ma’mun Sumargono SN Sunaryono Basuki Ks Sunlie Thomas Alexander Sunu Wasono Surya Lesmana Suryadi Suryanto Sastroatmodjo Sutardji Calzoum Bachri Sutejo Syaifuddin Gani T. Sandi Situmorang Tatan Daniel Taufik Ikram Jamil Taufiq Ismail Taufiq Wr. Hidayat Teater Eska Teguh Afandi Teguh Ranusastra Asmara Teguh Winarsho AS Tengsoe Tjahjono Theresia Purbandini Toeti Heraty Tri Umi Sumartyarini Ulfatin Ch Umbu Landu Paranggi Usman Arrumy Wahyu Dhyatmika Wahyu Hidayat Wawancara Wayan Jengki Sunarta Welly Kuswanto Wicaksono Adi Willem B Berybe WS. Rendra Y.B. Mangunwijaya Yohanes Sehandi Yudhistira ANM Massardi Yukio Mishima Yusi A. Pareanom Zainal Arifin Thoha Zehan Zareez Zen Rachmat Sugito Zeynita Gibbons Zulfikar Akbar