Saturday, May 22, 2021

Puisi “Anak Laut” Asrul Sani (1927-2004)

Taufiq Ismail *
gatra.com
 
KARYA Asrul Sani paling berkesan yang pertama kali saya baca adalah Anak Laut, 52 tahun silam. Ketika itu saya pelajar SMAN Bogor kelas satu, langganan setia perpustakaan Gedung Nasional di seberang Kebun Raya.
 
Empat baris awal puisi itu indahnya terasa seperti sihir kata-kata: Sekali ia pergi tiada bertopi/ Ke pantai landasan matahari/ Dan bermimpi tengah hari/ Akan negeri di jauhan. Impresi memukau lukisan alam puitik itu berlanjut hingga hari ini, seperti tak habis-habisnya. Di perpustakaan itu pula saya menemukan majalah Zenith dan pertama kali membaca esai-esai Asrul yang jernih, cerdas, dan cantik, kini terkumpul dalam Surat-surat Kepercayaan (1997, 708 halaman).
 
Cita-cita saya ingin jadi sastrawan sejak SMP mengental di SMA (Bogor dan Pekalongan). Tapi saya harus punya sumber nafkah jelas sebagai pendukung cita-cita itu. Keraguan mengenai sumber nafkah ini pupus ketika saya bekerja semasa liburan musim semi 1957 di sebuah ladang pertanian campuran di tepi Danau Michigan, membantu memotong gandum dan memberi ransum ayam dan sapi di ranah 100 hektare itu.
 
Sehabis masa setahun beasiswa AFS di SMA Milwaukee itu, masuklah saya ke Fakultas Kedokteran Hewan & Peternakan (FKH&P) Universitas Indonesia, Bogor, dengan tujuan menyiapkan diri jadi pengusaha peternakan campuran, ingin berladang di atas lahan 100 hektare pula. Pengalaman kerja sebagai pembantu petani di mixed farming itu sangat berkesan, dan jadi tikungan di jalan raya kehidupan saya. Sementara itu, puisi sudah jadi pilihan utama penulisan saya.
 
Masa studi di FKH&P mengasyikkan, walau agak menderita di bidang pengobatan atau ilmu klinik. Sesudah tiga tahun baru saya sadar bahwa kuda, kucing, dan anjing, serta pasien-pasien lain yang mesti diobati itu tidak tahu bahasa Sunda, apalagi bahasa Indonesia. Dan celakanya tidak ada mata kuliah tambahan ilmu linguistik hewan Nabi Sulaiman.
***
 
Tapi Marah Rusli dan Asrul Sani, serta beberapa ratus dokter hewan lain, ternyata bisa melompati jurang komunikasi bahasa itu, sehingga kesimpulannya, saya tak perlu terlalu takutlah. Beranda rumah Pak Marah Rusli, kakek musikus Harry Roesli, di Jalan Cikeumeuh, Bogor, lapang diisi kursi-kursi besar. Pada tahun 1960-an itu beliau sudah pensiun. Saya menimba pengalaman beliau menulis roman dan bagaimana kisah praktek sebagai Vee Arts, dokter hewan, di Indonesia Timur.
 
Jarak angkatan saya dan Asrul di FKH&P barangkali 8-10 tahun. Sebagai mahasiswa, Asrul susah bangun pagi. Dia tinggal di asrama Felicia, di tepi tebing, persis di bawah segi-empat Taman Kencana. Profesor endokrinologinya orang Belanda. Mahasiswa di kelas itu cuma tiga orang. Pada suatu hari, seorang mahasiswa permisi ada urusan ke Jakarta.
 
Yang masuk ruang kuliah cuma seorang. Di mana Asrul? Dia masih tidur. Profesor itu jalan kaki ke asrama Felicia, turun kira-kira 50 tangga di tebing Sempur Kaler yang curam itu, masuk kamar dan dengan sopan membangunkan Asrul. “Tuan Asrul, sekarang ada kolese,” katanya. Asrul buru-buru ke kamar mandi, pipis, cuci muka, dan pergi kuliah supaya kuorum tercapai. Waktu itu, mahasiswa memang dipanggil Tuan oleh semua guru besar berkebangsaan Belanda di kampus.
 
Pertama kali saya mendengar Asrul Sani bicara di forum adalah di ruang Manajemen Peternakan, sekitar 1961 atau 1962. Ketika itu diputar sebuah filmnya, (rasanya) Pagar Kawat Berduri, untuk dosen dan mahasiswa. Asrul bicara sistematik, tenang, bahasanya jernih, jelas titik koma serta paragrafnya, dan merdu.
 
Dalam diskusi tampak Asrul sangat menguasai retorika. Belakangan saya baru tahu bahwa tidak ada yang bisa mengalahkan Asrul berdebat. Bahkan, Bung Karno pun kagum pada Asrul. Sebenarnya waktu itu saya ingin betul langsung bertanya tentang proses kreatif penulisan puisi Anak Laut. Pertanyaan itu tertunda sekitar 40 tahun lamanya.
***
 
Interaksi saya dengan Asrul Sani, sesudah 1968, banyak. Asrul pernah jadi Ketua Akademi Jakarta, Ketua DKJ, rektor pertama LPKJ. Saya pun pernah jadi DPH-DKJ, Rektor LPKJ, memimpin TIM. Ini fenomena penting. Dua orang dokter hewan memimpin kompleks kesenian ini. Apa pasal? Karena TIM ini dulu bekas kebun binatang. Ketika ini saya ceritakan pada Bang Ali Sadikin, dia tertawa terkekeh-kekeh. “Barangkali mengurus hewan malah lebih mudah ketimbang mengurus seniman,” kata gubernur itu.
 
Kenangan terakhir paling indah adalah ketika Horison berhasil mengundang Asrul Sani menghadiri penutupan acara “Sastrawan Bicara, Siswa Bertanya” (SBSB) di Makassar, 8 September 2003. SBSB baru selesai di 162 SMU di 102 kota Indonesia. Di atas kursi roda, didampingi Mutiara Sani, istrinya yang merawatnya penuh dedikasi, Asrul baca puisinya Anak Laut di depan 1.000 siswa SMU dan 200 guru bahasa dan sastra di Makassar.
 
Suaranya sudah agak lambat. Inilah kado baca puisi terakhir Asrul Sani, sastrawan Angkatan 45, budayawan cemerlang Indonesia untuk siswa-siswa SMU Tanah-Airnya. “Fiq, jangan abaikan anak-anak SMU. Sastrawan lahir dari SMU,” pernah dia bilang.
 
Setelah selesai Asrul Sani baca Anak Laut itu, titik air mata saya.
 
*) Penyair, budayawan.
http://sastra-indonesia.com/2009/11/puisi-anak-laut-asrul-sani-1927-2004/

No comments:

Post a Comment

A Kholiq Arif A. Anzieb A. Muttaqin A. Rodhi Murtadho A. Syauqi Sumbawi A.P. Edi Atmaja A'yat Khalili Abdul Hadi WM Abdul Kadir Ibrahim Abdul Kirno Tanda Abdullah Harahap Acep Zamzam Noor Adi Toha Adrian Balu Afri Meldam Afrizal Malna Aguk Irawan MN Agus B. Harianto Agus Dermawan T. Agus Hernawan Agus R. Sarjono Agus R. Subagyo Agus Sri Danardana Agus Sulton Agus Sunyoto Agusri Junaidi Ahid Hidayat Ahmad Baedowi Ahmad Farid Yahya Ahmad Fatoni Ahmad Khadafi Ahmad Muchlish Amrin Ahmad Muhli Junaidi Ahmad Syubbanuddin Alwy Ahmad Tohari Ahmadun Yosi Herfanda Ajip Rosidi Akhmad Sekhu Alex R. Nainggolan Ali Audah Alunk Estohank Amien Kamil Amien Wangsitalaja Amir Hamzah Ana Mustamin Anam Rahus Andari Karina Anom Andi Achdian Andra Nur Oktaviani Anindita S Thayf Anton Kurnia Anton Kurniawan Apresiasi Sastra (APSAS) Aprinus Salam Arafat Nur Arie MP Tamba Arif Bagus Prasetyo Arif Hidayat Arman A.Z. Aryadi Mellas AS Laksana Asarpin Asep Sambodja Asrul Sani Astree Hawa Awalludin GD Mualif Aziz Abdul Ngashim Badaruddin Amir Balada Bambang Darto Bamby Cahyadi Bandung Mawardi Beni Setia Benny Arnas Berita Berita Duka Bernando J. Sujibto Binhad Nurrohmat Bobby Gunawan Budi Darma Bustan Basir Maras Cak Sariban Catatan Cerbung Cerpen Chairil Anwar Christine Hakim Cinta Laura Kiehl Daisy Priyanti Damhuri Muhammad Dandy Bayu Bramasta Dani Sukma Agus Setiawan Daniel Dhakidae Dea Anugrah Dedy Tri Riyadi Deni Jazuli Denny JA Denny Mizhar Dewi Rina Cahyani Dharmadi Dhenok Kristianti Dian Wahyu Kusuma Dick Hartoko Djajus Pete Djoko Pitono Djoko Saryono Donny Anggoro Dwi Fitria Dwi Klik Santosa Dwi Pranoto Eduard Tambunan Edy Firmansyah Eka Budianta Eka Fendri Putra Eka Kurniawan Eko Faizin Eko Nuryono Emha Ainun Nadjib Enda Menzies Endang Susanti Rustamadji Erwin Setia Esai Esha Tegar Putra Evi Idawati Evi Sukaesih F. Rahardi Fadhila Ramadhona Fadly Rahman Fahrudin Nasrulloh Fairuzul Mumtaz Faisal Fathur Faisal Kamandobat Fajar Alayubi Farid Gaban Fariz al-Nizar Fatah Anshori Fatah Yasin Noor Fathurrozak Faza Bina Al-Alim Feby Indirani Felix K. Nesi Fian Firatmaja Fina Sato Fitri Franz Kafka Goenawan Mohamad Gola Gong Grathia Pitaloka Gunawan Budi Susanto Gunoto Saparie Gus Martin Hairus Salim Hamdy Salad Happy Salma Hardi Hamzah Hardjono WS Hary B Kori’un Hasan Aspahani Hasif Amini HB Jassin Hendy Pratama Henry Nurcahyo Herman Syahara Hernadi Tanzil Heru Nugroho Holy Adib Hudan Hidayat Hudan Nur I Gusti Ngurah Made Agung Iberamsyah Barbary Ida Fitri IDG Windhu Sancaya Idrus Ignas Kleden Ilham Imam Muhayat Imam Nawawi Imamuddin SA Iman Budhi Santosa Imelda Bachtiar Imron Rosyid Imron Tohari Indonesia O’Galelano Indra Tjahyadi Indra Tranggono Indria Pamuhapsari Indrian Koto Inung AS Irwan Kelana Isbedy Stiawan ZS Iva Titin Shovia Iwan Nurdaya-Djafar Iwan Simatupang Jabbar Abdullah Jakob Oetama Jakob Sumardjo Jalaluddin Rakhmat Jaleswari Pramodhawardani James Joyce Jansen H. Sinamo Januardi Husin Jauhari Zailani JJ. Kusni John H. McGlynn Joko Budhiarto Joko Pinurbo Joni Ariadinata Juan Kromen Junaidi Khab Kahfie Nazaruddin Kamajaya Al. Katuuk Khansa Arifah Adila Kho Ping Hoo Khoirul Abidin Ki Supriyoko Kiagus Wahyudi Kitab Para Malaikat Knut Hamsun Koh Young Hun Kritik Sastra Kucing Oren Kunni Masrohanti Kurniawan Kuswinarto L.K. Ara Laksmi Shitaresmi Lan Fang Landung Rusyanto Simatupang Latief S. Nugraha Leo Tolstoy Lesbumi Yogyakarta Levi Silalahi Linda Sarmili Lukisan Lutfi Mardiansyah M Shoim Anwar M. Aan Mansyur M. Abdullah Badri M. Adnan Amal M. Faizi M.D. Atmaja Mahamuda Mahmud Jauhari Ali Mahwi Air Tawar Makmur Dimila Malkan Junaidi Maman S. Mahayana Mardi Luhung Marhalim Zaini Marianne Katoppo Mario F. Lawi Maroeli Simbolon Mashuri Max Arifin MB. Wijaksana Melani Budianta Mohammad Yamin Muhammad Ainun Nadjib Muhammad Muhibbuddin Muhammad Subarkah Muhammad Yasir Mulyadi SA Munawir Aziz Mustamin Almandary Mustiar AR Musyafak Timur Banua Myra Sidharta Nara Ahirullah Naskah Teater Nawal el Saadawi Niduparas Erlang Nikita Mirzani Nirwan Ahmad Arsuka Nizar Qabbani Nurel Javissyarqi Nurul Anam Nurur Rokhmah Bintari Oka Rusmini Onghokham Otto Sukatno CR Pakcik Ahmad Pameran Parakitri T. Simbolon Pattimura Pentigraf Peter Handke Petrik Matanasi Pramoedya Ananta Toer Prima Sulistya Priyo Suwarno Prosa Puisi Purwanto Pustaka Ilalang PUstaka puJAngga Putu Fajar Arcana Putu Wijaya R Sutandya Yudha Khaidar R. Ng. Ronggowarsito R. Timur Budi Raja Rachmad Djoko Pradopo Radhar Panca Dahana Raedu Basha Rahmat Sutandya Yudhanto Rakai Lukman Rakhmat Giryadi Rama Prabu Rama Prambudhi Dikimara Ramadhan KH Rambuana Ranang Aji SP Ratih Kumala Ratna Ajeng Tejomukti Raudal Tanjung Banua Raymond Samuel Reko Alum Remmy Novaris DM Remy Sylado Resensi Rey Baliate Ribut Wijoto Riduan Situmorang Rikard Diku Riki Dhamparan Putra Riri Satria Rizki Alfi Syahril Robert Adhi KS Roland Barthes Ronggowarsito Rony Agustinus Royyan Julian Rozi Kembara Rumah Kreatif Suku Seni Riau (RK – SSR) Rusdy Nurdiansyah Rusydi Zamzami S. Arimba S. Jai Sabrank Suparno Safar Nurhan Sajak Samsul Anam Santi T. Sapardi Djoko Damono Sari Novita Sarworo Sp Sasti Gotama Sastra Luar Pulau Satmoko Budi Santoso Saut Situmorang Sejarah Sekar Sari Indah Cahyani Selendang Sulaiman Seni Rupa Seno Gumira Ajidarma Seno Joko Suyono Setiyardi Sigit Susanto Sihar Ramses Simatupang Siti Sa’adah Sitok Srengenge Siwi Dwi Saputro Sobih Adnan Soegiharto Sofyan RH. Zaid Sonia Sosiawan Leak Sovian Lawendatu Sri Wintala Achmad Stephen Barber Subagio Sastrowardoyo Sugito Ha Es Sukron Ma’mun Sumargono SN Sunaryono Basuki Ks Sunlie Thomas Alexander Sunu Wasono Surya Lesmana Suryadi Suryanto Sastroatmodjo Sutardji Calzoum Bachri Sutejo Syaifuddin Gani T. Sandi Situmorang Tatan Daniel Taufik Ikram Jamil Taufiq Ismail Taufiq Wr. Hidayat Teater Eska Teguh Afandi Teguh Ranusastra Asmara Teguh Winarsho AS Tengsoe Tjahjono Theresia Purbandini Toeti Heraty Tri Umi Sumartyarini Ulfatin Ch Umbu Landu Paranggi Usman Arrumy Wahyu Dhyatmika Wahyu Hidayat Wawancara Wayan Jengki Sunarta Welly Kuswanto Wicaksono Adi Willem B Berybe WS. Rendra Y.B. Mangunwijaya Yohanes Sehandi Yudhistira ANM Massardi Yukio Mishima Yusi A. Pareanom Zainal Arifin Thoha Zehan Zareez Zen Rachmat Sugito Zeynita Gibbons Zulfikar Akbar