Friday, August 7, 2020

BUKU SEBAGAI BENTUK PERLAWANAN

 Fariz al-Nizar

Dalam nomenklatur filsafat ilmu, Jujun Suryasumantri memberikan ilustrasi menarik, sebuah ilustrasi unik tentang "segitiga cinta" yang disimbolkan oleh kebudayaan, ilmu dan tekhnologi di pihak lain, dalam uraiannya Jujun menjelaskan bahwa pada dasarnya segitiga yang melatarbelakangi simbiosis antara ketiganya adalah dikarenakan cakupan yang satu lebih luas dari yang lainnya,

secara herarkis Jujun menyebutkan bahwa kebudayaan melahirkan ilmu dan ilmu pada gilirannya nanti anak beranak-pinak yang kelak di sebut dengan teknologi (Jujun Suryasumantri: 2004) tapi yang pelu dititik tekankan dalam tulisan kali ini adalah tentang kebudayaan yang erat kaitannya dengan karya sastra.

Karya sastra lazimnya karya-karya yang lain sering kali lahirnya dilatarbelakangi oleh satu peristiwa yang misalnya menimpa sang sastrawan, baik itu berupa pengalaman pribadi atau lainnya atau selain itu biasanya karya sastra sering terlahir dikaranakan lebih sebagai bentuk perlawanan terhadap sistem kebudayaan yang ada. Ambil contoh sang novelis legendaris Marah Rusli, dia mengarang novel monumental-setidaknya di mata orang pribumi- yang berjudul Siti Nurbaya adalah lebih dikarenakan sebagai bentuk perlawan terhadap sistem kebudayaan yang mengakar pada waktu itu yaitu budaya kawin paksa.

Dalam hal ini, karya sastra atau lebih spesifiknya buku dapat dijadikan media paling efektif untuk meng-counter hegemoni-hegemoni distorsi yang terjadi, contoh sebagaimana di atas, bisa dijadikan bahan rujukan atau bahkan bisa dijadikan sebagai representasi dari keberhasilan karya sastra -yang berbentuk buku lebih spesifiknya- dalam melawan tradisi-tradisi yang dirasa kurang memihak. Tradisi asal yang dipresentasikan melalui sosok Datuk Marinnggih yang tua Bangka, bopeng-bopeng dan buruk hati ditemukan atau dilawankan lebih tepatnya dengan sosok Syamsul Bachri yang tampan, gagah, terpelajar, penuh kobaran cinta asmara serta kesediaan untuk berkorban.

Dan pada akhirnya bisa ditebak, Pembacapun tersayat hatinya, merasa iba pada Syamsul Bachri yang dianiaya oleh tradisi sehingga tak urung dia harus patah hati, tapi yang menarik di sini adalah dikarenakan saking ibanya pembacapun seakan melupakan penghianatan Syamsul Bachri yang ikut penjajah dan memerangi kampungnya sendiri.(Agus R. Sarjono: 1999).

Syamsul Bachri telah membius pembaca, sehingga secara emosional kita semua seakan-akan tak pernah mempedulikan penghianatannya, justru yang menjadi public enemy adalah Datuk Maringgih yang merupakan simbolisasi dari budaya lokal. Hamparan karya sastra yang dipenuhi dengan tema menghujat tradisi lewat representasi yang dekat dengan hati dan khazanah pengalaman kaum muda yaitu kawin paksa terbukti mampu membabat habis kebudayaan tersebut. Dan sampai sekarang kenyataan di lapangan membuktikan bahwa hampir praktik-praktik kebudayaan semacam kawin paksa sudah tidak ditemukan lagi.

Contoh lain yang dianggap dan layak disebut sebagai fenomena karya sastra yang dibukukan adalah novel tetralogi yang di tulis oleh Andrea Hirata, sang novelis handal yang namanya dielu-elukan oleh banyak orang dikarenakan kepiawaiannya dalam merangkai kata-kata, beriamjinasi serta bermetafor ria. Bahkan Nicola Horner seorang jurnalis dari London tak segan-segan menyebutnya sebagai seniman kata-kata.

Novel pertama Andrea Hirata yang berjudul Laskar Pelangi telah berkembang bukan hanya sebagai bacaan sastra saja, melainkan lebih dari itu novel tersebut banyak dijadikan referensi ilmiah, atau bahkan banyak dijadikan sebagai bahan skripsi atau bahkan tesis. Sebagaiman yang disinggung dalam epilog tentang tetralogi Laskar Pelangi. Tak pelak karya sastra pada titik ini mampu menembus lebih jauh dari hanya sekedar sebagai karya sastra. (Andrea Hirata: 2008).

Lebih jauh lagi, karya sastra -yang berbentuk buku tentunya- belakangan ini dirasa sangat sukses dalam menembus premis-premis sensitif atas pemahaman ajaran atau doktrin-doktrin agama. Dalam hal ini novel Ayat-Ayat Cinta tentunya dapat dijadikan sebagai representator atas keberhasilan tersebut, bisa kita lihat piawainya Habibirrahman El-Syirazi dalam membius ibu-ibu yang tadinya sangat anti dengan yang namanya poligami menjadi sangat setuju, setuju atau minimal mebuat mereka-mereka para ibu-ibu mau untuk berfikir lagi, poligami bukan hanya pemenuhan syahwat tapi lebih dari itu poligami adalah lebih kepada pengorbanan, ketulusan serta keihlasan begitu kira-kira yang ingin disampaikan oleh Kang Ibik (sapaan akrab Habiburrahman El-Syirazi).

Tak pelak lagi, mereka yang pada awalnya sangat menolak praktik poligami yang katanya tidak adil, merekapun akhirnya setikdaknya mau untuk membuka hati untuk berdiskusi berbicara dengan tenang hati mengenai poligami. Dalam hal ini apresiasi penuh bisa kita alamatkan pada para sastrawan-sastrawan yang dengan gigih melawan praktik-praktik tak sehat di negeri ini, karena menurut W.S Rendra hanya para jagoan saja yang mapu menerobos, melawan tatanan masyarakat semacam itu (W.S. Rendra: 1997).

Oleh karena itu setidaknya kita tentunya mengharapkan sastrawan-sastrawan kita untuk lebih gigih dan produktif untuk melawan kebudayaan-kebudayaan yang tak sehat sebagaimana di atas. Dan perlu diingat pada tulisan ini pembahasan kita lebih kita kerucutkan pada karya sastra yang berbentuk buku, jika kita mau melebarkan ke beberapa karya sastra yang lain mungkin sudah berapa banyak karya sastra yang menjadi lokomotif penentang praktik-praktik ketidakadilan mulai dari puisi balsem-nyanya Gus Mus, Sarimin-nya Butet Kartaredjasa sampai dengan gossip jalanan-nya Slank yang menggegerkan senayan semuanya adalah karya-karya yang membangkang praktik ketidak sehatan.

Perlawanan lewat tulisan telah terbukti lebih efektif dibandingkan dengan perlawanan dalam bentuk yang lainnya, misalnya demontrasi bengak-bengok pinggir dalan, karena dalam tulisan ada sesuatu yang lain yang tidak pernah kita temukan pada bentuk perlawanan-perlawanan yang lainnya. Maka mari kita menulis sebagai bentuk perlawanan!

***

http://sastra-indonesia.com/2009/02/buku-sebagai-bentuk-perlawanan/

No comments:

Post a Comment

A Kholiq Arif A. Anzieb A. Muttaqin A. Rodhi Murtadho A. Syauqi Sumbawi A.P. Edi Atmaja A'yat Khalili Abdul Hadi WM Abdul Kadir Ibrahim Abdul Kirno Tanda Abdullah Harahap Acep Zamzam Noor Adi Toha Adrian Balu Afri Meldam Afrizal Malna Aguk Irawan MN Agus B. Harianto Agus Dermawan T. Agus Hernawan Agus R. Sarjono Agus R. Subagyo Agus Sri Danardana Agus Sulton Agus Sunyoto Agusri Junaidi Ahid Hidayat Ahmad Baedowi Ahmad Farid Yahya Ahmad Fatoni Ahmad Khadafi Ahmad Muchlish Amrin Ahmad Muhli Junaidi Ahmad Syubbanuddin Alwy Ahmad Tohari Ahmadun Yosi Herfanda Ajip Rosidi Akhmad Sekhu Alex R. Nainggolan Ali Audah Alunk Estohank Amien Kamil Amien Wangsitalaja Amir Hamzah Ana Mustamin Anam Rahus Andari Karina Anom Andi Achdian Andra Nur Oktaviani Anindita S Thayf Anton Kurnia Anton Kurniawan Apresiasi Sastra (APSAS) Aprinus Salam Arafat Nur Arie MP Tamba Arif Bagus Prasetyo Arif Hidayat Arman A.Z. Aryadi Mellas AS Laksana Asarpin Asep Sambodja Asrul Sani Astree Hawa Awalludin GD Mualif Aziz Abdul Ngashim Badaruddin Amir Balada Bambang Darto Bamby Cahyadi Bandung Mawardi Beni Setia Benny Arnas Berita Berita Duka Bernando J. Sujibto Binhad Nurrohmat Bobby Gunawan Budi Darma Bustan Basir Maras Cak Sariban Catatan Cerbung Cerpen Chairil Anwar Christine Hakim Cinta Laura Kiehl Daisy Priyanti Damhuri Muhammad Dandy Bayu Bramasta Dani Sukma Agus Setiawan Daniel Dhakidae Dea Anugrah Dedy Tri Riyadi Deni Jazuli Denny JA Denny Mizhar Dewi Rina Cahyani Dharmadi Dhenok Kristianti Dian Wahyu Kusuma Dick Hartoko Djajus Pete Djoko Pitono Djoko Saryono Donny Anggoro Dwi Fitria Dwi Klik Santosa Dwi Pranoto Eduard Tambunan Edy Firmansyah Eka Budianta Eka Fendri Putra Eka Kurniawan Eko Faizin Eko Nuryono Emha Ainun Nadjib Enda Menzies Endang Susanti Rustamadji Erwin Setia Esai Esha Tegar Putra Evi Idawati Evi Sukaesih F. Rahardi Fadhila Ramadhona Fadly Rahman Fahrudin Nasrulloh Fairuzul Mumtaz Faisal Fathur Faisal Kamandobat Fajar Alayubi Farid Gaban Fariz al-Nizar Fatah Anshori Fatah Yasin Noor Fathurrozak Faza Bina Al-Alim Feby Indirani Felix K. Nesi Fian Firatmaja Fina Sato Fitri Franz Kafka Goenawan Mohamad Gola Gong Grathia Pitaloka Gunawan Budi Susanto Gunoto Saparie Gus Martin Hairus Salim Hamdy Salad Happy Salma Hardi Hamzah Hardjono WS Hary B Kori’un Hasan Aspahani Hasif Amini HB Jassin Hendy Pratama Henry Nurcahyo Herman Syahara Hernadi Tanzil Heru Nugroho Holy Adib Hudan Hidayat Hudan Nur I Gusti Ngurah Made Agung Iberamsyah Barbary Ida Fitri IDG Windhu Sancaya Idrus Ignas Kleden Ilham Imam Muhayat Imam Nawawi Imamuddin SA Iman Budhi Santosa Imelda Bachtiar Imron Rosyid Imron Tohari Indonesia O’Galelano Indra Tjahyadi Indra Tranggono Indria Pamuhapsari Indrian Koto Inung AS Irwan Kelana Isbedy Stiawan ZS Iva Titin Shovia Iwan Nurdaya-Djafar Iwan Simatupang Jabbar Abdullah Jakob Oetama Jakob Sumardjo Jalaluddin Rakhmat Jaleswari Pramodhawardani James Joyce Jansen H. Sinamo Januardi Husin Jauhari Zailani JJ. Kusni John H. McGlynn Joko Budhiarto Joko Pinurbo Joni Ariadinata Juan Kromen Junaidi Khab Kahfie Nazaruddin Kamajaya Al. Katuuk Khansa Arifah Adila Kho Ping Hoo Khoirul Abidin Ki Supriyoko Kiagus Wahyudi Kitab Para Malaikat Knut Hamsun Koh Young Hun Kritik Sastra Kucing Oren Kunni Masrohanti Kurniawan Kuswinarto L.K. Ara Laksmi Shitaresmi Lan Fang Landung Rusyanto Simatupang Latief S. Nugraha Leo Tolstoy Lesbumi Yogyakarta Levi Silalahi Linda Sarmili Lukisan Lutfi Mardiansyah M Shoim Anwar M. Aan Mansyur M. Abdullah Badri M. Adnan Amal M. Faizi M.D. Atmaja Mahamuda Mahmud Jauhari Ali Mahwi Air Tawar Makmur Dimila Malkan Junaidi Maman S. Mahayana Mardi Luhung Marhalim Zaini Marianne Katoppo Mario F. Lawi Maroeli Simbolon Mashuri Max Arifin MB. Wijaksana Melani Budianta Mohammad Yamin Muhammad Ainun Nadjib Muhammad Muhibbuddin Muhammad Subarkah Muhammad Yasir Mulyadi SA Munawir Aziz Mustamin Almandary Mustiar AR Musyafak Timur Banua Myra Sidharta Nara Ahirullah Naskah Teater Nawal el Saadawi Niduparas Erlang Nikita Mirzani Nirwan Ahmad Arsuka Nizar Qabbani Nurel Javissyarqi Nurul Anam Nurur Rokhmah Bintari Oka Rusmini Onghokham Otto Sukatno CR Pakcik Ahmad Pameran Parakitri T. Simbolon Pattimura Pentigraf Peter Handke Petrik Matanasi Pramoedya Ananta Toer Prima Sulistya Priyo Suwarno Prosa Puisi Purwanto Pustaka Ilalang PUstaka puJAngga Putu Fajar Arcana Putu Wijaya R Sutandya Yudha Khaidar R. Ng. Ronggowarsito R. Timur Budi Raja Rachmad Djoko Pradopo Radhar Panca Dahana Raedu Basha Rahmat Sutandya Yudhanto Rakai Lukman Rakhmat Giryadi Rama Prabu Rama Prambudhi Dikimara Ramadhan KH Rambuana Ranang Aji SP Ratih Kumala Ratna Ajeng Tejomukti Raudal Tanjung Banua Raymond Samuel Reko Alum Remmy Novaris DM Remy Sylado Resensi Rey Baliate Ribut Wijoto Riduan Situmorang Rikard Diku Riki Dhamparan Putra Riri Satria Rizki Alfi Syahril Robert Adhi KS Roland Barthes Ronggowarsito Rony Agustinus Royyan Julian Rozi Kembara Rumah Kreatif Suku Seni Riau (RK – SSR) Rusdy Nurdiansyah Rusydi Zamzami S. Arimba S. Jai Sabrank Suparno Safar Nurhan Sajak Samsul Anam Santi T. Sapardi Djoko Damono Sari Novita Sarworo Sp Sasti Gotama Sastra Luar Pulau Satmoko Budi Santoso Saut Situmorang Sejarah Sekar Sari Indah Cahyani Selendang Sulaiman Seni Rupa Seno Gumira Ajidarma Seno Joko Suyono Setiyardi Sigit Susanto Sihar Ramses Simatupang Siti Sa’adah Sitok Srengenge Siwi Dwi Saputro Sobih Adnan Soegiharto Sofyan RH. Zaid Sonia Sosiawan Leak Sovian Lawendatu Sri Wintala Achmad Stephen Barber Subagio Sastrowardoyo Sugito Ha Es Sukron Ma’mun Sumargono SN Sunaryono Basuki Ks Sunlie Thomas Alexander Sunu Wasono Surya Lesmana Suryadi Suryanto Sastroatmodjo Sutardji Calzoum Bachri Sutejo Syaifuddin Gani T. Sandi Situmorang Tatan Daniel Taufik Ikram Jamil Taufiq Ismail Taufiq Wr. Hidayat Teater Eska Teguh Afandi Teguh Ranusastra Asmara Teguh Winarsho AS Tengsoe Tjahjono Theresia Purbandini Toeti Heraty Tri Umi Sumartyarini Ulfatin Ch Umbu Landu Paranggi Usman Arrumy Wahyu Dhyatmika Wahyu Hidayat Wawancara Wayan Jengki Sunarta Welly Kuswanto Wicaksono Adi Willem B Berybe WS. Rendra Y.B. Mangunwijaya Yohanes Sehandi Yudhistira ANM Massardi Yukio Mishima Yusi A. Pareanom Zainal Arifin Thoha Zehan Zareez Zen Rachmat Sugito Zeynita Gibbons Zulfikar Akbar