Wednesday, June 9, 2021

SEBUAH SUGESTI PEMBODOHAN

Imamuddin SA *
 
Sudah barang tentu kita mengenal istilah ini. Tidak hanya itu, jangankan dalam dunia kesusastraan (fiksi), bahkan kita sendiri kerap mengalaminya dalam realitas kehidupan sehari-hari. Ya, benar! Istilah itu adalah konflik.
 
Tidak dapat dielak lagi, jika kita mengatakan bahwa karya sastra merupakan mimesis. Karya sastra adalah gambaran realitas yang diusung oleh pengarang ke dalam bentuk teks tulis. Karya sastra adalah miniatur kehidupan. Jadi ini sudah tidak hal yang baru lagi jika di dalam sebuah karya sastra mengandung rekaman kejadian-kejadian yang melingkupi diri pribadi seseorang dengan realitas sosialnya. Ini bisa dibuktikan!
 
Mengapa demikian? Hal itu disebabkan oleh eksistensi karya sastra itu sendiri. Yaitu sebuah kreatifitas manusia. Yang dinamakan kratifitas sastra itu bersumber pada pengalaman pribadi seseorang yang telah diendapkan dalam pikiranya. Yang mengalami proses imajinatif, penilaian, serta perenungan. Entah itu murni dari pengalaman pribadinya. Atau bersumber pada pengalaman orang lain yang telah dikonsumsi menjadi pengalaman pribadi oleh seorang kreator (pengarang).
 
Dalam realitas ada tokoh. Dalam karya sastra (fiksi) juga ada tokoh. Kedua-duanya sama-sama memiliki karakter sebagi cermin lakuannya. Dalam realitas, seorang tokoh memiliki perjalanan hidup. Dalam karya sastra (fiksi) juga sama. Dalam realitas terjadi konflik dan pemecahan konflik. Dalam karya sastra (fiksi) juga terdapat hal yang sama. Peristiwa-peristiwa sosial juga terdapat dalam realitas masyarakat dan karya sastra (fiksi). Hal itulah yang kiranya menjadi pondasi dasar bahwa karya sastra (fiksi) adalah mimesis.
 
Agar tidak terlalu jauh pembahasannya, maka perlu dibatasi. Kita coba batasi pada wilayah konflik dalam karya sastra. Ini bukan konflik antar pengarang atau kritikus sastra perihal kehadiran karya sastra (fiksi) di tengah-tengah publik sastra. Melainkan konflik yang terbangun di dalam unsur intrinsi karya sastra. Yaitu unsur yang membangun karya sastra dari dalam yang terkandung pada alur cerita. Ya benar! Konflik yang ada dalam alur cerita.
 
Munculnya konflik dalam karya sastra sama persis dengan munculnya konflik dalam realitas kehidupan yang melingkupi diri pribadi seorang individu. Sama-sama bertumpu pada adanya problematika hidup. Entah itu problem pribadi dengan realitas sosial yang ada. Atau problem antarmanusia (antartokoh dalam fiksi). Ada konflik kecil. Ada pula konflik besar. Konflik besar biasanya hadir disebabkan oleh eksistensi konflik kecil. Konflik besar pada dasarnya akan mengarah pada klimaks dan peleraian. Namun perlu dicatat, bahwa tidak semua konflik sampai pada klimaks dan membutuhkan peleraian. Hanya konflik besar lah dapat mencapainya. Yaitu konflik yang menandai bahwa cerita itu akan segera usai.
 
Adanya konflik dalam alur cerita merupakan salah satu elemen inti yang mampu menggugah hati penikmat karya sastra (fiksi) untuk larut dalam alur cerita. Pembaca seolah-olah hadir sendiri sebagai pelaku cerita. Disinilah letak kejeniusan seorang pengarang. Dengan membubuhkan konflik, pembaca akan merasa tidak sadar bahwa dia sedang dibodohi oleh pengarang. Ia tidak sadar kalau sedang digeret masuk ke dalam alur cerita. Sehingga ia secara sepontanitas akan menunjukkan ekspresi marah, geram, benci, merenung, sedih, dan bahkan ada juga yang sampai meneteskan air mata. Namun semua itu tinggal kekuatan pengarang dalam menghadirkan konflik tersebut. Mampukah pengarang mempengaruhi pembaca?
 
Untuk memicu hadirnya konflik yang sanggup menyugesti pembaca, ada hal-hal yang patut diperhatikan sebelumnya. Salah satunya adalah penyematan falsafah hidup dalam konflik tersebut. Dengan adanya hal itu, pembaca akan larut untuk menyelami sekaligus merenungi ungkapan-ungkapan yang terujar oleh tokoh-tokohnya. Secara pribadi, pembaca akan mencoba membentur-benturkan ujaran-ujaran itu dengan realitas yang ada. Entah pembaca sepakat dengan ujaran itu. Atau tidak sepakat dan berontak hingga menggugah pemikiran serta penilaian yang baru. Ini sudah dapat dikatakan sebagai keberhasilan pengarang dalam melarutkan pribadi pembaca kedalam karyanya.
 
Selain itu, biasanya keterlarutan pembaca ke dalam cerita juga dapat ditempuh dengan jalan penajaman perilaku antartokoh serta pengembangan dan lama penceritaan saat terjadi konflik. Entah konflik yang terjadi antara tokoh antagonis dengan tokoh utama maupun tokoh protagonisnya dalam realitas cerita. Atau sebaliknya. Bisa juga penajaman perilaku tokoh utama dengan tokoh protagonis saat terjadi konflik. Penajaman serta pengembangan dan lama penceritaan konflik pribadi seorang tokoh juga termasuk di dalamnya. Missal: tokoh utama ada konflik dengan tokoh antagonis. Tokoh utama difitnah, diculik dan diadakan penyiksaan yang begitu sadis oleh tokoh antagonis. Peristiwa ini tidak sertamerta disajikan dengan bahasa leterleg seperti ungkapan di atas. Namun harus diperluas. Baik diungkapkan dengan dialog-dialog atau pengejawantahan kesadisan tersebut.
 
Hal itulah yang kiranya menjadi pemicu timbulnya ketertarikan dan keterlarutan pembaca akan sebuah karya sastra (fiksi) melalui konflik yang ada. Perlu dicatat juga bahwa dengan adanya konflik, secara alamiah akan memantik hadirnya pesan moral sekaligus nilai-nilai yang berharga baik secara implisit maupun eksplisit. Namun besar tidaknya pengaruhnya dalam pribadi penikmat karya sastra (fiksi) masih ditentukan oleh penajaman dan pengembangan cerita.
 
Sungguh, kekuatan inti dalam menyugesti penikmat karya sastra (fiksi) agar tertarik dan larut dalam sebuah karya terletak pada kekuatan pengarang dalam membangun konfliknya. Akan tetapi masih ada cara lain untuk menarik minat baca publik sastra terhadap sebuah karya, yaitu dengan menghadirkan suspene, surprise, plausubilitas, foreshadowing, dan backtracking. Agar penikmat karya sastra (fiksi) benar-benar menyelami dan larut ke dalam sebuah karya tersebut, maka buat saja konflik yang banyak. Tentunya semua itu juga harus disesuaikan dengan panjang karya yang dibuat oleh seorang pengarang. Banyak konflik namun kurang pengembangan juga mampu mengacaukan kekhusukkan penikmat saat melakukan proses pembacaan.
 
Sekali lagi, konflik mampu menjadikan penikmat karya sastra (fiksi) secara sepontanitas akan menunjukkan ekspresi marah, geram, benci, merenung, sedih, dan bahkan menangis tersedu-sedu. Dan itulah kekuatan dahsyat yang terpancar lewat konflik dalam alur cerita. Yang kadang dirasa membodohi penikmatnya.
***

*) Imamuddin SA, lahir di desa Kendal-Kemlagi, Karanggeneng, Lamongan, JaTim. 13 Maret 1986, nama aslinya Imam Syaiful Aziz. Aktif mengikuti diskusi di Forum Sastra Lamongan [FSL], Candrakirana Kostela, Sanggar Seni Simurg. Sempat sebagai sekretaris redaksi pada Jurnal Sastra Timur Jauh, serta Jurnal Kebudayaan The Sandour. Karya-karyanya terpublikasi di Majalah Gelanggang, Gerbang Masa, Tabloid Telunjuk, Jurnal Kebudayaan The Sandour, dll. Karyanya terantologi di Lanskap Telunjuk, Absurditas Rindu, Khianat Waktu, dan Memori Biru. Antologi tunggalnya: Esensi Bayang-Bayang (PUstaka puJAngga), Sembah Rindu Sang Kekasih (PUstaka puJAngga). http://sastra-indonesia.com/2008/11/sebuah-sugesti-pembodohan/

No comments:

Post a Comment

A Kholiq Arif A. Anzieb A. Muttaqin A. Rodhi Murtadho A. Syauqi Sumbawi A.P. Edi Atmaja A'yat Khalili Abdul Hadi WM Abdul Kadir Ibrahim Abdul Kirno Tanda Abdullah Harahap Acep Zamzam Noor Adi Toha Adrian Balu Afri Meldam Afrizal Malna Aguk Irawan MN Agus B. Harianto Agus Dermawan T. Agus Hernawan Agus R. Sarjono Agus R. Subagyo Agus Sri Danardana Agus Sulton Agus Sunyoto Agusri Junaidi Ahid Hidayat Ahmad Baedowi Ahmad Farid Yahya Ahmad Fatoni Ahmad Khadafi Ahmad Muchlish Amrin Ahmad Muhli Junaidi Ahmad Syubbanuddin Alwy Ahmad Tohari Ahmadun Yosi Herfanda Ajip Rosidi Akhmad Sekhu Alex R. Nainggolan Ali Audah Alunk Estohank Amien Kamil Amien Wangsitalaja Amir Hamzah Ana Mustamin Anam Rahus Andari Karina Anom Andi Achdian Andra Nur Oktaviani Anindita S Thayf Anton Kurnia Anton Kurniawan Apresiasi Sastra (APSAS) Aprinus Salam Arafat Nur Arie MP Tamba Arif Bagus Prasetyo Arif Hidayat Arman A.Z. Aryadi Mellas AS Laksana Asarpin Asep Sambodja Asrul Sani Astree Hawa Awalludin GD Mualif Aziz Abdul Ngashim Badaruddin Amir Balada Bambang Darto Bamby Cahyadi Bandung Mawardi Beni Setia Benny Arnas Berita Berita Duka Bernando J. Sujibto Binhad Nurrohmat Bobby Gunawan Budi Darma Bustan Basir Maras Cak Sariban Catatan Cerbung Cerpen Chairil Anwar Christine Hakim Cinta Laura Kiehl Daisy Priyanti Damhuri Muhammad Dandy Bayu Bramasta Dani Sukma Agus Setiawan Daniel Dhakidae Dea Anugrah Dedy Tri Riyadi Deni Jazuli Denny JA Denny Mizhar Dewi Rina Cahyani Dharmadi Dhenok Kristianti Dian Wahyu Kusuma Dick Hartoko Djajus Pete Djoko Pitono Djoko Saryono Donny Anggoro Dwi Fitria Dwi Klik Santosa Dwi Pranoto Eduard Tambunan Edy Firmansyah Eka Budianta Eka Fendri Putra Eka Kurniawan Eko Faizin Eko Nuryono Emha Ainun Nadjib Enda Menzies Endang Susanti Rustamadji Erwin Setia Esai Esha Tegar Putra Evi Idawati Evi Sukaesih F. Rahardi Fadhila Ramadhona Fadly Rahman Fahrudin Nasrulloh Fairuzul Mumtaz Faisal Fathur Faisal Kamandobat Fajar Alayubi Farid Gaban Fariz al-Nizar Fatah Anshori Fatah Yasin Noor Fathurrozak Faza Bina Al-Alim Feby Indirani Felix K. Nesi Fian Firatmaja Fina Sato Fitri Franz Kafka Goenawan Mohamad Gola Gong Grathia Pitaloka Gunawan Budi Susanto Gunoto Saparie Gus Martin Hairus Salim Hamdy Salad Happy Salma Hardi Hamzah Hardjono WS Hary B Kori’un Hasan Aspahani Hasif Amini HB Jassin Hendy Pratama Henry Nurcahyo Herman Syahara Hernadi Tanzil Heru Nugroho Holy Adib Hudan Hidayat Hudan Nur I Gusti Ngurah Made Agung Iberamsyah Barbary Ida Fitri IDG Windhu Sancaya Idrus Ignas Kleden Ilham Imam Muhayat Imam Nawawi Imamuddin SA Iman Budhi Santosa Imelda Bachtiar Imron Rosyid Imron Tohari Indonesia O’Galelano Indra Tjahyadi Indra Tranggono Indria Pamuhapsari Indrian Koto Inung AS Irwan Kelana Isbedy Stiawan ZS Iva Titin Shovia Iwan Nurdaya-Djafar Iwan Simatupang Jabbar Abdullah Jakob Oetama Jakob Sumardjo Jalaluddin Rakhmat Jaleswari Pramodhawardani James Joyce Jansen H. Sinamo Januardi Husin Jauhari Zailani JJ. Kusni John H. McGlynn Joko Budhiarto Joko Pinurbo Joni Ariadinata Juan Kromen Junaidi Khab Kahfie Nazaruddin Kamajaya Al. Katuuk Khansa Arifah Adila Kho Ping Hoo Khoirul Abidin Ki Supriyoko Kiagus Wahyudi Kitab Para Malaikat Knut Hamsun Koh Young Hun Kritik Sastra Kucing Oren Kunni Masrohanti Kurniawan Kuswinarto L.K. Ara Laksmi Shitaresmi Lan Fang Landung Rusyanto Simatupang Latief S. Nugraha Leo Tolstoy Lesbumi Yogyakarta Levi Silalahi Linda Sarmili Lukisan Lutfi Mardiansyah M Shoim Anwar M. Aan Mansyur M. Abdullah Badri M. Adnan Amal M. Faizi M.D. Atmaja Mahamuda Mahmud Jauhari Ali Mahwi Air Tawar Makmur Dimila Malkan Junaidi Maman S. Mahayana Mardi Luhung Marhalim Zaini Marianne Katoppo Mario F. Lawi Maroeli Simbolon Mashuri Max Arifin MB. Wijaksana Melani Budianta Mohammad Yamin Muhammad Ainun Nadjib Muhammad Muhibbuddin Muhammad Subarkah Muhammad Yasir Mulyadi SA Munawir Aziz Mustamin Almandary Mustiar AR Musyafak Timur Banua Myra Sidharta Nara Ahirullah Naskah Teater Nawal el Saadawi Niduparas Erlang Nikita Mirzani Nirwan Ahmad Arsuka Nizar Qabbani Nurel Javissyarqi Nurul Anam Nurur Rokhmah Bintari Oka Rusmini Onghokham Otto Sukatno CR Pakcik Ahmad Pameran Parakitri T. Simbolon Pattimura Pentigraf Peter Handke Petrik Matanasi Pramoedya Ananta Toer Prima Sulistya Priyo Suwarno Prosa Puisi Purwanto Pustaka Ilalang PUstaka puJAngga Putu Fajar Arcana Putu Wijaya R Sutandya Yudha Khaidar R. Ng. Ronggowarsito R. Timur Budi Raja Rachmad Djoko Pradopo Radhar Panca Dahana Raedu Basha Rahmat Sutandya Yudhanto Rakai Lukman Rakhmat Giryadi Rama Prabu Rama Prambudhi Dikimara Ramadhan KH Rambuana Ranang Aji SP Ratih Kumala Ratna Ajeng Tejomukti Raudal Tanjung Banua Raymond Samuel Reko Alum Remmy Novaris DM Remy Sylado Resensi Rey Baliate Ribut Wijoto Riduan Situmorang Rikard Diku Riki Dhamparan Putra Riri Satria Rizki Alfi Syahril Robert Adhi KS Roland Barthes Ronggowarsito Rony Agustinus Royyan Julian Rozi Kembara Rumah Kreatif Suku Seni Riau (RK – SSR) Rusdy Nurdiansyah Rusydi Zamzami S. Arimba S. Jai Sabrank Suparno Safar Nurhan Sajak Samsul Anam Santi T. Sapardi Djoko Damono Sari Novita Sarworo Sp Sasti Gotama Sastra Luar Pulau Satmoko Budi Santoso Saut Situmorang Sejarah Sekar Sari Indah Cahyani Selendang Sulaiman Seni Rupa Seno Gumira Ajidarma Seno Joko Suyono Setiyardi Sigit Susanto Sihar Ramses Simatupang Siti Sa’adah Sitok Srengenge Siwi Dwi Saputro Sobih Adnan Soegiharto Sofyan RH. Zaid Sonia Sosiawan Leak Sovian Lawendatu Sri Wintala Achmad Stephen Barber Subagio Sastrowardoyo Sugito Ha Es Sukron Ma’mun Sumargono SN Sunaryono Basuki Ks Sunlie Thomas Alexander Sunu Wasono Surya Lesmana Suryadi Suryanto Sastroatmodjo Sutardji Calzoum Bachri Sutejo Syaifuddin Gani T. Sandi Situmorang Tatan Daniel Taufik Ikram Jamil Taufiq Ismail Taufiq Wr. Hidayat Teater Eska Teguh Afandi Teguh Ranusastra Asmara Teguh Winarsho AS Tengsoe Tjahjono Theresia Purbandini Toeti Heraty Tri Umi Sumartyarini Ulfatin Ch Umbu Landu Paranggi Usman Arrumy Wahyu Dhyatmika Wahyu Hidayat Wawancara Wayan Jengki Sunarta Welly Kuswanto Wicaksono Adi Willem B Berybe WS. Rendra Y.B. Mangunwijaya Yohanes Sehandi Yudhistira ANM Massardi Yukio Mishima Yusi A. Pareanom Zainal Arifin Thoha Zehan Zareez Zen Rachmat Sugito Zeynita Gibbons Zulfikar Akbar